Rabu, 01 Juni 2016

Menjelang Bulan Suci Ramdhan

Assalamualaikum Wr.Wb....sahabat muslim ! nggak terasa bulan suci Ramadhan sudah dekat di hati kita ya? Nah, dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan ini, yakni bulan yang penuh dengan berkah, bulan rahmat, bulan penuh ampunan  di mana kita sebagai umat muslim  pasti bangga dan antusias menyambut datangnya bulan suci tersebut. Sementara ibadah yang kita lakukan di bulan suci Ramdhan, tentunya akan di berkahi dengan pahala yang berlipat ganda.

Maka dari itu kita sudah seharusnya memiliki persiapan yang sebaik-baiknya. Sehingga nantinya semua ibadah bisa kita tunaikan, layaknya berpuasa, mengerjakan sholat, dan lainnya baik itu ibadah wajib maupun ibadah sunah. Dengan begitu saat kita menjalankan semua amalan ibadah tersebut, bisa berjalan lancar dan istiqomah.

Pesan Rasulluallah S.A.W di saat menjelang bulan suci Ramdhan, berdasarkan hadist yang di riwayatkan menurut Ibnu Khuzaimah dari Salman Al-Farisi. Di dalam hadist tersebut menjelaskan bahwa Rasulullah S.A.W sedang bekhutbah pada akhir bulan Sya’ban, yang berisi beberapa pesan bagi umat islam. Sehingga dari hadist tersebut bisa di ambil 6 pesan yang bisa di simpulkan sebagai berikut :

1. Gunakanlah bulan suci Ramadhan dengan sebaik-baiknya.
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat islam. Yang mana pada bulan Rmadhan terdapat satu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Biasanya di sebut dengan malam Lailatul Qodar.
2. Ingat bahwa pahala di bulan Ramadhan berlipat ganda.
Bila kita mendekatkan diri kepada Allah dengan satu kebajikan di bulan Ramdhan, niscaya akan mendapatkan pahala seperti menunaikan ibadah fardhu di bulan yang lain. Dan barang siapa yang menunaikan ibadah fardhu di bulan Ramadhan, niscaya akan mendapatkan pahala layaknya menunaikan 70 ibadah fardhu di bulan yang lain.
3. Ingat bahwa bulan Ramdhan bisa melatih kesabaran kita.
Barang siapa yang sabar pahalanya adalah surga. Di bulan Ramdhan kita di latih menahan nafsu misalnya makan, mminum, dan semua yang bisa membatalkan puasa berdasarkan kurun waktu yang telah di tentukan. 
4. Saling bersimpati kepada orang lain.
Barang siapa yang memberikan makan untuk berbuka kepada orang lain, maka pahalanya seperti puasanya orang tersebut.
5. Meningkatkan amal sholih karena bulan suci Ramdhan adalah bulan rahmat.
Maka hendaknya kita perbanyak amal sholih layaknya berbakti kepada orang tua, saling menolong antara sesama, dan lainnnya agar kita selalu mendapatkan rahmat dari Allah SWT.
6. Memperbanyak berdo’a dan meminta ampunan.
Di sepuluh pertengahan bulan Suci Ramdhan adalah bulan yang penuh dengan ampunan, dan di sepuluh terakhirnya adalah terbebas dari api neraka. Di dalam bulan suci Ramdhan hendaaknya memperbanyak kalimat thoyyibah, istiqhfar, dan berdoa kepada Allah agar di masukkan surga, serta memohon perlindungan dari api neraka.

Itu tadi sedikit ulasan tentang 6 pesan yang di anjurkan oleh Rasulullah SWT, semoga bermnafaat sahabat muslim. Waalaikumsalam Wr.Wb

Sumber : arbamedia.com

1 komentar:

  1. wah gak sabar ni menyambut bulan suci Ramadhan, bulan penuh ampunan. senin udah puasaan aja ni !

    BalasHapus