Senin, 06 Juni 2016

Ramadhan Bulan Kesabaran



Assalamualaikum Wr.Wb sahabat muslim ! Hari pertama puasa ni ya sahabat muslim, gimana lancar ? semoga lancar ya tinggal menghitung jam sudah bisa membatalkan puasa kok.

Ngomong-ngomong masalah puasa, apa sih puasa itu ? kalau menurut saya sendiri puasa adalah bagaimana seorang muslim menahan diri dari rasa haus, lapar, maupun segala hawa nafsu. Atau sabar dari menahan lapar dan haus dari subuh hingga maghrib.

Bicara masalah sabar, apa sih makna sabar ? Sabar berasal dari kata “sobaro-yasbiru” yang artinya menahan. Dan menurut istilah, sabar adalah menahan diri dari kesusahan dan menyikapinya sesuai syariah dan akal, menjaga lisan dari celaan, dan menahan anggota badan dari berbuat dosa dan sebagainya.

Dan sabar ini tidak identik dengan cobaan saja. Namun, Puasa secara langsung juga mengajarkan dan melatih kita untuk sabar. Sehingga puasa memiliki posisi strategis untuk melatih seorang muslim mampu bersabar.

Memang menjaga  untuk bisa bersabar itu sangat berat, namun itu semua tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan pahala yang sangat besar yang diberikan Allah SWT bagi orang yang sabar, sebagaimana firmanNya, yang artinya : “Sesungguhnya hanya orang-orang yang sabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” (TQS. Az Zumar : 10)

Bagaimana dengan sahabat muslim, apakah hari pertama puasa ini sahabat muslim mengendalikan hawa nafsu dengan sifat sabar ? semoga iya. Itu tadi sedikit info yang bisa saya berikan tentang bersabar dalam berpuasa, semoga bermanfaat bagi sahabat muslim sekalian. Wassalamualaikum Wr.Wb

1 komentar: