Minggu, 27 Maret 2016

Katakanlah Laqisat Nafsi




حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ بْنِ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا يَقُولَنَّ أَحَدُكُمْ خَبُثَتْ نَفْسِي وَلْيَقُلْ لَقِسَتْ نَفْسِي

Diceritakan dari Aisyah dia berkata : Rasulullah SAW bersabda : “ Janganlah sekali-kali salah seorang dari kamu berkata : Khabusat nafsi’ (diriku buruk), tetapi katakanlah : Laqisat nafsi’ (diriku kurang).” (HR.Muslim)

Jauh sebelum para motivator mengenalkan tentang positive feeling (berprasangka positif) Rasulullah SAW. Melalui hadist ini telah mengajarkannya.

Hadist ini mengajarkan kepada kita mengenai larangan memandang rendah diri kita, misalnya dengan mengucapkan “saya buruk”, atau kata-kata yang tanpa kita sadari biasa kita ucapkan seperti “ah...saya tidak bisa”, namun sebaiknya kita menggunakan kata-kata yang lebih baik seperti, “saya kurang” atau saya belum bisa” agar lebih memotivasi diri serta tidak lupa untuk selalu memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Bagi sahabat muslim mulai sekarang rubah mainset kita yang awalnya mengatakan Khabusat nafsi’ mari kita katakan Laqisat nafsi’. Dengan begitu kita juga dapat memotivasi diri kita sendiri bila kita mampu untuk melakukannya, dan jangan lupa selain usaha kita harus imbangi dengan do'a sahabat muslim, ingsyaallah kita bisa karena tak ada yang tidak mungkin didunia ini. Semoga bermanfaat !!!


Sumber : terapiindonesia.blogspot.co.id

3 komentar: