Jumat, 20 Mei 2016

Manfaat membaca Al-Qur’an

Assalmu’alaikum Wa Rohmatullahi Wa Barokatuh

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang utama, karena memberikan banyak manfaatnya kepada para pembacanya dengan lancar atau tidak. Inilah manfaatnya jika kita membaca Al-Qur’an :

1. Mendapatkan Pahala
Rosulullah SAW bersabda:
“Barangsiapa yang membaca satu huruf kitab Allah (Al-Qur’an), maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan hururf itu, dan satu kebaikan akan dilipat gandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif, Lam, Mim, itu satu huruf. Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR. Timidzi)

2. Memberikan kehormatan bagi kedua orang tua
“Siapa saja membaca Al-Qur’an, mempejarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya, dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan diberikan pada orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi dunia.”
Keduanya pun bertanya, “Bagaimana dipakaikan kepada kami semuanya itu?”
Dijawab, “karena anakmu telah membaca Al-Qur’an.” (HR. Al-Hakim)

Nabi shollallahi ‘alaihi wa sallam bersabda,
Maksudnya, “Siapa yang membaca Al-Qur’an dan beramala dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada dirumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramala dengan ini (Al-Qur’an).” (HR. Abu Daud)

3. Mendaatkan syafa’at di hari kiamat
“Bacalah Al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya.” (HR. Muslim)

“Puasa dan Al-Qur’an keduanya akan memberikan syafa;at kepada seorang hamba pada hari kiamat.” (HR. Al-Hakim)

Diriwayatkan dari Abu Huroiroh ra, bahwa Rosululloh SAW bersabda:
“Siapa yang mendengar satu ayat daripada kitab Allah Ta’ala (Al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahaya di hari kiamat.”

4. Mendapatkan ketenangan
“Tidak berkumpul suatu kaum di salaha satu rumah Allah SWT, sedang mereka membaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan emreka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi Rahmat, diliputi para malaikat dan disanjung oleh Allah dihafapan para makhluk dan disisi-Nya.” (HR. Abu Daud)

“…dan hati mereka jadi tenteram dengan mengingat Allah, ingatlah hanya dengan mengingat Allah hti menjadi tenteram.” (QS. 12: 28)

5. Membuat tubuh lebih sehat
“Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat : madu dan Al-Qur’an.” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud)

Wallahu a’lam bish showab.

Jadi jangan ditunda-tunda lagi ya sahabat untuk mengamalkannya !

Sumber: (Line) Love Islam

0 komentar:

Posting Komentar